Letak pada CSS

Float (Letak)


Seperti yang telah dibahas sebelumnya di atas bahwa fungsi margin dengan fungsi padding sebenarnya hampir sama walaupun keduanya berbeda, dan yang membuat berbeda dari fungsi padding ini yaitu fungsi padding mengatur seleksi batas jarak pada bagian dalam (lihat gambar) CSS Float Property berhubungan dengan pengaturan posisi sebuah objek secara horizontal. Penggunaan CSS Float Property bukan hanya sekedar untuk kepentingan pengaturan posisi objek/elemen saja, namun akan berkaitan dengan elemen lainnya disekitarnya.

Penggunaan CCS Float Property selalu dibarengi dengan properti margin yang berfungsi untuk mengatur jarak objek dengan elemen lain termasuk teks. Akan sangat berguna untuk penataan image/gambar dan elemen lain dalam desain blog/web mapun penataan halaman posting. Dalam penggunaannya, nilai yang banyak dimanfaatkan untuk pengaturan dan penataan blog/web adalah float:left dan float:right, sekalipun masih ada 2 nilai CSS Float Property yang lain (float:none dan float:inherit).

Anda bisa melihat fungsi dan kegunaan CSS Float Property pada “gambar” di samping. CSS Float Property membuat gambar monyet berada di sebelah kanan halaman, sedangkan margin menciptakan jarak antara “gambar” dengan teks di sisi sebelah kiri dan bawahnya. CSS Float Property tersebut juga membuat teks naik sejajar dengan ujung teratas gambar. Hal seperti ini hanya dapat terjadi melalui penggunaan CSS Float Property . Anda akan melihat perbedaan ini melalui demo yang ditampilkan ujung terbawah posting.

Posisi pengaturan melalui CSS Float Property

Ada empat pengaturan yang dapat dilakukan dengan CSS Float Property.

  • float:left; untuk membuat elemen berada di sisi sebelah kiri.
  • float:right; untuk membuat elemen berada di sisi sebelah kanan.
  • float:none; elemen berada di sisi sebelah kiri namun menghasilkan penataan ruang berbeda dengan float:left atau float:right.
  • float:inherit; hasilnya hampir sama dengan float:none.

Tag : CSS
0 Komentar untuk "Letak pada CSS"

Back To Top